Minggu, 26 Desember 2010

Dasar – Dasar Pemrosesan Komputer

Dasar – Dasar Pemrosesan Komputer

1. Pengertian Komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah system kerja yang rapid an teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan intruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Computer Berdasarkan Golongan :

a. General Purpose computer

Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai variasi pekerjaan. Sebagai contoh general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistic yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.

b. Special purpose Komputer

Special – purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaab ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemekian rupa.

Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada system computer berskala besar adalah front – end processor ; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari computer utama.

Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya

a. Personal computer (PC)

Pada awalnya, computer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan(personal). Kebutuhan per- orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Pada umumnya personal computer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single – user), tetapi dalam perkembangan dengan menggunakan konsep LAN personal computer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi user).

b. Mini Komputer

Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika disbanding dengan personal computer. Hal ini disebabkan karena micro-processor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika disbanding dengan microprocessor yang digunakan pada personal computer.

c. Mainframe Komputer

Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini computer dengan main frame adalah , main frame memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika disbanding dengan mini computer. Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik ( 1 giga operations per-seconds – 1 GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama – sama.

d. Super Computer

Sesuai dengan namanya, super computer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila disbanding dengan mainframe. Harga super sangatlah besar dan mahal. Salah satu contoh adalah super computer adalah Cray – Z. pengguna super computer biasanya Negara – Negara yang sudah maju ataupun perusahaan – perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industry pesawat terbang Nurtanio.

Arsitektur Komputer

§ Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit system computer dan mengubah input menjadi output.

§ Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system.

§ Misalnya process prosessor dan arithmetic dan logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.

§ Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

Unit Input

1. Keyboard

Memasukkan data dengan cara menekan tombol – tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.

2. Alat Penunjuk

· Mouse, suatu alat kecil dan ringan yang memrliki suatu bola yang kecil dibawahnya dan memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke computer dengan suatu kabel halus.

· Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dengan cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tsb.

· Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.

· Light pen, untuk menunjuk pada layar.

· Unit remote control.

3. Alat Pembaca Optis

Membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data photoelectric disebelah unit pembaca optis ( scanner ).

4. Alat Pembaca Magnetik

5. Berbicara Pada Komputer

· Pengenal suara jenis speaker independent system dimana proses pengenalannya didasarkan pada bagaimana kita berbicara dari pada apa yang dikatakan.

· Teknik inipun mampu mengenal pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun.

Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Primer

· Penyimpanan computer (computer storage) ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder

· Penyimpanan primer biasanya disebut main memori

· Teknologi IC untuk menyediakan random acces memori (RAM) yang digunakan untuk menyimpan material seperti intruksi pada saat computer dinyalakan dan cache memori

1. Ram ( Random Acces Memory)

· IC yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan software dan data.

· RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis

· Mempunyai sifat mudah hilang (volatile) karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan

2. ROM (Read Only Memory)

· Jenis khusus pentimpanan primer dapat dibaca tapi tidak dapat ditulis

· Untuk menyimpanan material seperti intruksi – intruksi yang memberitahukan computer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan

· Bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) yaitu isinya tidak terhapus saat daya listrik system dimatikan

3. Cache Memory

· RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan diantara RAM biasa dan Processor

· Isi Cache memory dperiksa oleh processor sebelum mencari instruksi program / data di RAM biasa

· Jika Cache Memory mempunyai isi yang diperlukan, pengambilan dapat dilakukan lebih cepat daripada jika RAM biasa dilibatkan

Unit Output

Bentuk akhir dari pemrosesan computer adalah beberapa bentuk output dan menampilkan pilihan, yaitu : yang dicetak, grafik, microfilm, kartu berlubang, dan yang diucapkan.

· Output yang ditampilkan

Peralatan output yang paling terkenal dengan pemakai akhir (end user) adalah display Screen yang disebut CRT yang dikemas dengan keyboard.

Kelemahan dari layaran tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas yang disebut Hard Copy

· Output yang dicetak

Peralatan yang disebut printer menghasilkan hardcopy

· Output Grafik

Beberapa pemakai computer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik.

Peralatan khusus yang disebut plotter yang disambungkan dengan CPU ataupun beroperasi secara offline, dapat menghasilkan output grafik pada ukuran normal atau pada kertas besar.

· Output

Komputer dapat menggunakan unit computer output microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche

Mikro viewer offline khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut.

Mikrofilm printer dapat digunakan untuk menghasilkan hard copy.

· Output Kartu berlubang

Beberapa konfigurasi computer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang

· Output Audio

Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output computer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke selueruh saluran komunikasi.

Peranan Peralatan I/O dalam pemecahan masalah

· Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan computer.

· Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.

· Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalahan secara tidak langsung

· Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.

Sumber :

related:dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14056/Arsitektur_komputer.doc DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

related:srini.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/1099/SIM1-Dasar+Pemrosesan+Komputer.pdf DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

related:robby.c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7699/DASAR-+DASAR+PEMPROSESAN+KOMPUTER.ppt DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

related:yudiagusta.files.wordpress.com/2008/03/lecture-08-dasar-dasar-pemrosesan-komputer-database-komunikasi-data.pdf DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

http://www.scribd.com/doc/19195513/dasar-pemrosesan-komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar